Posted by : Dapur varadiva Jumat, 22 Maret 2013




                                                              




                   Musik Jazz.

         Musik Jazz merupakan jenis musik yang dikembangkan pertama kali oleh orang-orang Afrika - Amerika. Musik ini berakar dari New Orleans, Amerika Serikat, pada akhir abad ke- 19. Musik jazz merupakan pembauran berbagai jenis musik, antara lain blues, ragtime, brass-band, musik tradisional Eropa dan irama-irama asli Afrika. Instrumen utama yang sering digunakan pada musik jazz pada umumnya adalah piano, bass, drum, gitar, saksofon, trombon, dan trompet.
 Pada awalnya,  jazz merupakan musik dansa perkotaan. Ketika mulai digunakan dalam jazz, gitar pada mulanya berfungsi sebagai pemberi akor dan ritme, dalam arti sebagai pengiring belaka. Baru pada tahun 1930-an gitaris seperti eddi Lang dan Lonnie Johnson mulai memainkan melodi.
Komposisi musik jazz pada umumnya tidak menggunakan akor-akor Mayor/minor atau dominan 7thyang polos. Melainkan menggunakan akor-akor yang lebih rumit, misal akor 9th, 13th, serta alternasinya. Musisi jazz juga terbiasa menggunakan substitusi akor terhadap berbagai progresi akor baku. Semisal, progresi Cmayor7 – Am7 – Dm7 – G9  yang disubstitusikan dengan Cmayor9 – Bb13 – G#Mayor7 – C#7-9.
Di Indonesia, musik jazz muncul dan populer pada sekitar tahun 1920. Namun, popularitas musik ini menurun seiring dengan munculnya jenis musik lain di Indonesia, seperti musik rock dan pop. Saat ini musik jazz mulai bangkit kembali seiring dengan kemunculan musisi-musisi jazz seperti Indra Lesmana, Idang Rasidi, Ivan Nestorman, Gilang Ramadhan, Syaharani, ermi Kulit, Iga Mawarni, dan sebagainya.


{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. Hello Good People!

    BEMF Psikologi Universitas Gunadarma proudly present the last and biggest event "Psychology Innovation in Art, Social and Education (PIASE) 2016

    PIASE 2016 bertemakan "Let Your Mind Be Colored", adalah suatu rangkaian acara seni yang berlandaskan adanya unsur sosial dan edukasi yang dapat memberikan kelengkapan pemenuhan fungsi indera manusia yang mencangkup proses visual, auditori dan sensoris.

    PIASE 2016 memiliki berbagai rangkaian acara yaitu:
    1. Singing Competition
    2. Talkshow Musik
    3. Talkshow Anak Berkebutuhan Khusus
    4. Psychology Village (COMING SOON)
    5. Closing Stage (COMING SOON)

    Want to know more? Don't forget to follow us on our media social accounts!
    Line Official: @jgh7002f
    Instagram: @piase_UG2016
    Twitter: @piase_UG2016
    Path: PIASE UG 2016
    Facebook: PIASE GUNADARMA

    #PIASE2016 #SATUPSIKOLOGI

    BalasHapus

- Copyright © varadiva - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -